You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Nagari Lunang Dua
Nagari Lunang Dua

Kec. Lunang, Kab. Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat

MARI KITA WUJUDKAN PEMERINTAH YANG JUJUR, ADIL, BERMATABAT DAN AGAMAIS                                                  WA/Telp : 0853 6553 5768                                                      Emai : nlunangdua@gmail.com

Puskemas Tanjung Beringin Melakukan Pengobatan Gratis Di Nagari Lunang Dua

NAGARI LUNANG DUA 17 Mei 2019 Dibaca 111 Kali

Pengobatan gratis dan penyuluhan kesehatan yang diadakan oleh Puskesmas Tanjung Beringin dan Pemerintah Nagari Lunang Dua, Kecamatan Lunang Silaut, Kabupaten Pesisir Selatan, dihadiri antusias masyarakat yang ingin berobat, Kamis (16/05/19)

Mustofa, A.Md.Keb Mengatakan Program yang kami laksanakan empat kali dalam setahun yang kami adakan di sepuluh nagari yang ada di kecamatan lunang secara bergiliran pada  masing – masing nagari.

Tujuanya untuk memantau kesehatan masyarakat sekaligus bakti sosial Puskesmas tanjung beringin atas kepedulian kesehatan masyrakat di seluruh nagari yang ada, imbuhnya.

dr.Hana menambahkan masyarakat kecamatan lunang harus lebih menjaga kesehatan,  menjaga pola makan, dan menjaga waktu istirahat karena kebanyakan masyarakat mengalami pusing berkunang – kunang karena kurang tidur, kekurangan mengkonsumsi buah,sayur  dan kurang minum air putih yang mengakibatkan tensi darah menjadi rendah. Bukan itu saja masyarakat banyak mengalami flu dan batuk, banyak faktor yang menyebabkan terjadinya penyakit ini, yakni : Human rhinovirus (HRV) adalah kelompok virus yang paling banyak menyebabkan batuk pilek. Selain virus tersebut, penyakit ini juga bisa disebabkan oleh coronavirus, adenovirus, human parainfluenza virus (HPIV), dan respiratory syncytial virus (RSV).

Virus masuk ke tubuh manusia melalui hidung, mulut, atau bahkan mata, sebelum menimbulkan gejala. Virus bisa masuk ke dalam tubuh ketika tanpa sengaja menghirup percikan liur penderita batuk pilek, yang disemburkan ke udara melalui bersin atau batuk. Selain itu, virus juga bisa masuk ketika seseorang menyentuh permukaan benda yang telah terkontaminasi percikan liur yang mengandung virus batuk pilek, kemudian menyentuh hidung, mulut, atau mata sendiri dengan tangan tersebut.

Berikut ini adalah sejumlah faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena batuk pilek:

  • Berada di tengah keramaian (pasar, sekolah, kantor, atau kendaraan umum)
  • Memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah
  • Memiliki riwayat penyakit kronis
  • Usia anak-anak
  • Udara dingin.
  • Merokok

Pengobatan Batuk Pilek

Batuk pilek merupakan infeksi virus yang tergolong ringan. Saat mengalami batuk pilek, seseorang dianjurkan untuk beristirahat dengan cukup, mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dan rendah lemak, serta minum banyak air putih untuk mengganti cairan yang hilang dari tubuh akibat hidung yang terus-menerus mengeluarkan ingus atau badan yang sering berkeringat.

 

 

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image